Sejak Indonesia menjadi tamu kehormatan pada Frankfurt Book Fair 2015, industri perbukuan dan industri kreatif Indonesia mengalami peningkatan baik dalam hal penjualan hak cipta maupun popularitas penulis-penulis nasional di mata dunia.

Dalam KLIBF ke-37 tahun 2018 ini, Indonesia menjadi negara tamu bersama Arab Saudi dan Kedah. Bagi Indonesia, KLIBF adalah salah satu ajang pameran buku internasional yang sangat potensial untukmemasarkan produk buku dan nonbukunya. Sampai dengan 2018, Indonesia telah menjual  ratusan hak cipta terjemahan dan ribuan buku baik fiksi dan nonfiksi ke pasaran Malaysia.

Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) bersama pemerintah, institusi, penggiat literasi, dan pekerja kreatif menangkap kesempatan baik Indonesia sebagai tamu kehormatan tersebut dengan mengangkat tema “Berbagi Literatur, Berkongsi Kultur”. Melalui tema tersebut Indonesia ingin menunjukkan niatnya untuk terus mempererat hubungan yang selama ini telah terjalin baik dan terus bekerja sama di bidang kreativitas, seni, budaya, dan ilmu pengetahuan dengan Malaysia serta negara-negara Asia Tenggara lainnya. Dengan tema itu pula Ikapi ingin menunjukkan kekayaan Indonesia melalui penjualan hak cipta, penjualan produk fisik, peluncuran dan promosi produk, penampilan seni budaya, serta jumpa penulis. Selain itu juga para pekerja seni dan  pekerja kreatif Indonesia lainnya juga akan turut menyukseskan KLIBF tahun ini.

Selain produk buku-buku berkualitas, Indonesia juga akan menghadirkan produk nonbuku, yaitu boardgame dan merchandise. Untuk boardgame, Ikapi bekerjasama dengan penerbit dan pengembang boardgame yang berfokus pada nilai-nilai budaya Indonesia dan permainan yang dapat dinikmati oleh seluruh lapiran masyarakat, seperti produk dari Hompimpa Games, Manikmaya Games, Kompas, Elexmedia, Coralis Entertainment, Chiveus, Feira Tochi, serta Vista Lab & C&Cov. Sementara dalam halmerchandise, Ikapi bekerjasama dengan beberapa penerbit dan pekerja kreatif untuk menghadirkan merchandise yang dikembangkan dari Intelectual Property (IP) buku-buku yang unik dan bermanfaat.

Share This