Pameran buku bertaraf internasional, Indonesia International Book Fair (IIBF 2018), akan kembali digelar Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dalam waktu dua minggu ke depan. Selama pameran yang berlangsung dari tanggal 12 sampai 16 September 2018 nanti, Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi kembali akan membagikan hadiah utama berupa Grand Prizes Haji Kerajaan Arab Saudi untuk para pengunjung.

Pengunjung yang beruntung mendapatkan hadiah utama haji ini dapat menunaikan ibadah haji bersama rombongan khusus undangan Kedutaan Besar Arab Saudi secepatnya tahun depan. Kedutaan Besar Arab Saudi sendiri merupakan salah satu peserta internasional yang selama lima tahun terakhir tidak pernah absen meramaikan IIBF.

Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Rosidayati Rozalina menjelaskan, Grand Prizes Haji Kerajaan Arab Saudi akan diundi setiap hari, mulai dari hari pertama pameran sampai hari terakhir. Undian terbuka untuk semua pengunjung pameran dengan mengikuti mekanisme yang ditentukan.

Paket haji ini meliputi biaya transportasi dan akomodasi. Selain itu, Kedutaan Besar Arab Saudi juga menanggung dan mengurus visa buat para jamaah khusus ini.

“Tahun lalu, undian haji ini disambut sangat antusias oleh masyarakat, sehingga jumlah paket haji yang diundi ditambah dari 10 menjadi 16 paket,” kata Ida.

Setiap hari, beberapa tiket haji diundi dan langsung diumumkan pemenangnya. Bertambah hari jumlah tiket yang dibagikan bertambah banyak sehingga total mencapai 16 paket haji.

Musim Haji Tahun ini, Jamaah Haji IIBF 2017 Berangkat

Tahun lalu, 16 orang pengunjung mendapatkan undian grand prize IIBF 2017. Rombongan jamaah haji IIBF 2017 menunaikan ibadah haji mereka tahun ini. “Para peserta didampingi oleh panitia dan pembimbing haji. Total ada 29 orang jamah haji yang berangkat dari IIBF,” ungkap Ketua Panitia IIBF 2018 Amalia B Safitri.

Rombongan IIBF berangkat pertengahan Agustus lalu dalam kelompok terbang khusus undangan Kedubes Arab Saudi bersama 350 orang jamaah haji lain yang berasal dari beragam instansi di seluruh Indonesia.

Sejak pukul 6 pagi, para jamaah sudah berkumpul di Masjid Bakrie yang lokasinya dekat dengan kantor kedutaan. Beberapa jam kemudian, Duta Besar Arab Saudi H.E. Usamah bin Muhammad Abdullah Al Syu’aiby ikut hadir melepas kepergian para jamaah menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Setiap tahun kami mengundang jamaah haji dari Indonesia untuk berangkat haji. Mereka berasal dari banyak kalangan termasuk dari orang-orang yang kurang mampu,” kata Dubes Usamah.

Di antara mereka ada yang berasal dari pondok pesantren, para penghafal Al Quran dan mahasiswa. Misalnya mahasiswa Fakultas Ilmu Kebudayaan Universitas Indonesia yang tahun ini mendapatkan jatah 21 orang berangkat haji atas undangan Kedubes Arab Saudi. Sebagian dari mahasiswa ini ada yang mendapatkan tiket lewat jalur seleksi ada juga yang keputusan dekanat.

Nah, salah satu peluang yang bisa ditempuh oleh masyarakat Indonesia yang berkeinginan menunaikan ibadah haji bersama rombongan kedubes adalah dengan mengikuti undian Grand Prizes Haji Kerajaan Arab Saudi yang akan digelar setiap hari di pameran buku bertaraf internasional, IIBF 2018.

“Tahun ini, Kedubes Arab Saudi sudah memastikan akan kembali memberikan Grand Prizes Haji Kerajaan Arab Saudi, namun jumlahnya belum dapat dipastikan,” jelas Amalia.

Pameran Indonesia Internasional Book Fair 2018 terbuka untuk umum tanpa biaya alias gratis. IIBF 2018 akan diadakan selama lima hari di Jakarta Convention Center (JCC), mengambil dua areal, yaitu Ruang Plenary dan Cenderawasih. Mulai tanggal 12 sampai 16 September 2018.

Share This