Lebih dari 100 acara siap memeriahkan perhelatan IIBF 2018 yang tahun ini akan diikuti oleh puluhan penerbit dari dalam negeri dan 17 negara. Mulai dari lomba untuk sekolah, talkshow, peluncuran buku, temu penulis dan wisata literasi agar anak-anak senang baca buku.

Pengunjung dari kalangan pelajar mendapatkan perhatian khusus dari panitia. Di IIBF 2018 yang akan dimulai tanggal 12 September 2018, ada banyak rangkaian kegiatan buat anak sekolah, seperti lomba matematika dan lomba bercerita untuk tingkat SD maupun SMP.

Rombongan sekolah juga bisa mengikuti wisata literasi, program yang dirancang untuk memperkenalkan budaya membaca dan buku ke anak-anak. Agar bisa mengikuti program ini, pihak sekolah bisa mendaftarkan diri di situs web IIBF 2018 di http://indonesia-bookfair.com/acara/formulir-pendaftaran-acara/.

Lewat wisata literasi, peserta akan berkeliling mengunjungi penerbit-penerbit dari luar negeri, dipandu oleh seorang pemandu yang disediakan panitia. Selama ‘berwisata’, anak-anak akan diberikan wawasan dan inspirasi agar semakin rajin membaca dan menggali ilmu lewat buku dari seluruh dunia.

Mereka juga akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan karena program ini dilengkapi dengan dongeng interaktif, kuis, aneka permainan, dan pengenalan budaya dan kesenian dari banyak negara.

“Di IIBF ada banyak penerbit dari luar negeri yang berpartisipasi. Ini kami manfaatkan untuk meningkatkan literasi di kalangan anak-anak, dengan harapan mereka lebih tergugah terhadap bahan bacaan dan bisa jadi generasi yang gemar membaca,” ungkap Ketua Panitia IIBF 2018 Amalia B Safitri.

Amalia menambahkan, Wisata Literasi di areal IIBF 2018 ini diadakan dari hari Rabu sampai Sabtu selama satu jam mulai pukul 9 pagi. Tahun lalu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dan aktif mengedukasi peserta didik lewat paparan dan buku saku.

Share This