Pandji pragiwaksono, komika kelahiran 37 tahun lalu di Singapura ini adalah artis serba bisa. Walau kini lebih dikenal sebagai seorang komik, Pandji, lebih dulu menjadi seorang penyiar, rapper, dan penulis. Di Indonesia International Book fair (IIBF) 2016, Pandji datang bersama Bentang Pustaka merilis buku terbarunya Menemukan Indonesia.

Berkeliling dunia sambil jadi Juru Bicara. Pandji Pragiwaksono bersama tim stand up comedy pergi mengunjungi berbagai negara dalam rangkain tour Juru Bicara. Bukan hanya sekedar melakukan tour, Pandji malah menemukan Indonesia di setiap sudut kota dunia yang membuatnya rindu dan jatuh hati untuk berkali-kali dengan Indonesia.

Setidaknya menurut Pandji ada tiga hal yang baik di Indonesia Ramah (keterlaluan malah), Homonal, dan Toilet. Ketiga hal ini sebenarnya memang budaya dasar karena adat ke timuran Indonesia. Ada satu hal lagi yang menarik di Indonesia yakni penduduknya yang terlalu gemar ngobrol, “Orang Indonesia nggak makan masih bisa hidup, tapi coba dah lu taro di penjara yang nggak ada orangnya, sendirian gitu, mati dia pasti kagak ada temen ngobrol,” tungkas Pandji.

Perjalan Pandji ini kemudian dirangkum dalam satu buku bertajuk Menemukan Indonesia. Melalui buku ini Pandji berharap pembaca bisa lebih bangga dan sadar bahwa jadi orang Indonesia itu hal yang baik. Menyadari bahwa Indonesia tidak kalah dengan negara lain melalui hal-hal sederhana.

Share This