Indonesia International Book Fair (IIBF) 2016 sudah memasuki hari ke-4. Sukses membuat opening ceremony meriah yang dihadiri langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendi, dan Menteri Pendidikan Malaysia, Dato’ Seri Mahdzir Khalid kemeriahan Indonesia International Book Fair masih terasa hingga kini.

Malaysia yang menjadi Guest of Honor memang menarik perhatian posisinya yang berada di depan dengan area terluas dengan design booth menarik perhatian pertama para pengunjung, tapi juga rangkaian acara, serta karya literasi yang dipamerkan pun menarik perhatian dan dibeli oleh pengunjung Indonesia walau bahasa yang digunakan kebanyakan menggunakan bahasa melayu tinggi. Dalam wawancara bersama jurnalis Jepang, M. Khair Ngadiron, Ketua Delegasi Malaysia mengatakan, “Setiap harinya (dihari kerja) ada sekitar 2000 orang yang datang ke pavilion ini walau kami tidak hitung pasti. Apalagi setiap hari ada anak-anak wisata literasi yang datang ke sini kami bagi buku upin-ipin,” jelasnya.

Acara juga akan semakin semarak karena Malaysia menghadirkan para sastrawan negara, penulis, dan illustrator terkenal mereka untuk datang meramaikan IIBF, belum lagi musik akustik reguler yang tampilkan live setiap sore.

Share This