Seorang wanita melayu mengenakan baju kebaya jawa berwarna hitam dengan rambut dikonde sederhana. Wanita itu nampak sibuk dengan apa yang dilakukannya, duduk dengan mengenggam sebuah pensil sesekali ia menghadap ke arah depan dengan pensil masih melekat ditangan. Ilustrasinya masih setengah jadi tapi sudah jelas bahwa itu gambar sebuah gitar.

Sedang si wanita asik membuat gambar, sambil sesekali tersenyum meladeni orang yang coba mendekat karena penasaran. Persis dihadapannya dua pria yang tidak cukup muda mengiringi dengan musik yang kadang kencang, kadang lembut, bahkan jenaka. Fai Zakaria ilusrator asal negeri jiran, Malaysia, hadir dan mendemokan langsung bagaimana ia mulai memproses karyanya. Tepat di pavilio Malaysia, bersama dengan dua musisi dihadapannya Sani Sudin penyanyi dari Kumpulan Kopratasa, dan Adinda Amiro yang juga penyayi dan komposer lagu ketiganya khusyuk dengan kegiatan seni yang tengah dilakoni masing-masing.

Fai Zakaria adalah ilustrator kenaman di Malaysia, karya teranyarnya adalah Kembara Seorang Pelukis yang berisi dengan ragam ilustrasi. Seluruh karya ilustrasi dalam buku tersebut hadir saat dirinya berada di Eropo selama 60 hari. Buku tersebut adalah refleksi dari yang ia lihat, rasa, dan ingin sampaikan selama berada di benua biru sana. Fai hadir mendemokan bagaimana caranya melukiskan keindahan melalui tangan indahnya, caranya menyapu gambar dengan cat warna khas sekali, tanpa kuas. Berbekal jari telunjut ia menyolek cat warna-warni dan usapkan lembut pada gambar yang semula tanpa warna.

Share This