Pameran buku akbar, Indonesia International Book Fair 2016, tinggal dua bulan lagi, berbagai persiapan sudah mulai dilakukan termasuk menjaring penerbit asing untuk datang dan bergabung bersama IIBF 2016. Pameran buku yang awalnya bernama Indonesia Book Fair ini menyisipkan kata international setelah pada 2014 lalu berhasil memboyong Saudi Arabia menjadi Guest of Honor (tamu kehormatan) IIBF 2014.

Selain memperkenalkan literasi dan budaya lainnya kepada masyarakat Indonesia melalui IIBF 2014, Arab juga membagikan 10 tiket naik haji gratis bagi para pengunjung yang beruntung. Berikutnya pada 2015, giliran Korea Selatan mengguncang IIBF dengan Korean Wave-nya. Korea bukan hanya memperkenalkan variasi literasinya tapi juga membawa serta kebudayaan dan hiburan bagi para pengunjung IIBF 2015. Selain memberikan trip gratis ke negeri gingseng tersebut, para pengunjung juga dimanjakan dengan pagelaran seni budaya mulai dari yang tradisional sampai seni pertunjukan modern seperti Fanta Stick.

Kini giliran Malaysia, tetangga dekat Indonesia yang jadi tamu kehormatan dalam IIBF 2016. Malaysia rencannya akan datang bersama 18 penerbit lokalnya, yakni:

  1. Institut Terjemahan & Buku Malaysia
  2. Dewan Bahasa dan Pustaka
  3. Perbadanan Kota Buku
  4. Majlis Penerbitan Ilmiah Malaysia (gabungan penerbit universitas ada 7 penerbit yang akan turut serta)
  5. PTS Media Group Sdn Bhd
  6. Kumpulan Media Karangkraf Sdn Bhd
  7. Nyla Sdn Bhd
  8. IBFIM
  9. DuBook Press Sdn Bhd
  10. Buku FIXI
  11. Lejen Press Sdn Bhd
  12. Thukul Cetak
  13. Shakespot Sdn Bhd
  14. Kalsom Taib Publishing
  15. Yusof Gajah Lingard Literary Agency Sdn Bhd

 

Masih dalam negeri serumpun kehadiran Malaysia akan jadi pembahasan menarik mengingat soal bahasa dan budaya ada cukup banyak kesamaan antara dua negara, Indonesia dan Malaysia. Mari tunggu dan saksikan literasi dan budaya apa saja yang akan dibawa Malaysia dalam lawatannya kali ini di IIBF 2016.

Share This