Setiap tahunnya dalam penyelenggaran Indonesia International Book Fair (IIBF) selalu ada satu negara yang terpilih menjadi tamu kehormatan (Guest of Honor). Negara tersebut nantinya akan menjadi country focus selama pameran berlangsung. Dua tahun lalu, Arab menjadi Tamu kehormatan IIBF 2014, dan kemarin Korea Selatan sukses membawa budayanya dalam IIBF 2015.

Negara terpilih akan menjadi menjadi pusat perhatian penuh karena akan menempati special design booth di bagian depan saat pengunjung masuk melalui pintu utama. Tamu kehormatan memiliki banyak kesempatan dalam mempromosikan negaranya mulai dari ragam literatur (penulis, dan buku), seni, budaya, pariwisata, teknologi, dan kekhasan lainnya. Jika sebelumnya Arab sukses menarik masa khusus dengan memberikan hadiah umroh bagi para pengunjung, dan Korea Selatan menarik pengunjung dengan kebudayaannya yang digemari kaum muda. Kini, menjadi kesempatan besar bagi Malaysia untuk unjuk gigi dan membawa nama besar negaranya ke masyarakat Indonesia.

Negara tetangga, Malaysia, memang masih serumpun melayu dengan Indonesia, dan pemilihan Malaysia menjadi tamu kehormatan akan jadi pertemuan yang baik bagi dua negara untuk mengenal satu sama lainnya. Bahasa yang hampir mirip, namun beda arti akan menjadi bahan penelitian kesusastraan yang menarik bagi kedua belah pihak. Ketua Delegasi Malaysia M. Khair Ngadiron mengatakan dalam pertemuan bersama panitia IIBF, 28 April lalu, “Dengan ini (terpilihnya Malaysia menjadi GoH) mari kita maju bersama, jadi besar bersama di era perbukuan ini, kita bersama-sama agar berjaya”. Malaysia akan hadir membawa sastra melayu lengkap dengan ahlinya, dan tidak lupa Upin dan Ipinnya yang sukses memberikan tontonan menarik dan edukatif bagi anak Indonesia.

Share This