Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini terkenal dengan Rumah Perubahannya. Rumah perubahan adalah lembaga social entrepreneurship, yang berawal dari sebuah buku cHaNgE! karyanya sendiri. Selain menjadi pengajar, dan praktisi, Rhenald Kasali, juga seorang penulis buku. Setidaknya sudah lebih dari 10 buku ditulis oleh Rhenald Kasali.

cHaNgE! adalah salah satu buku motivasi karya Rhenald yang mendapat gelar National Best Seller. Serial buku transformasi Rhenald, dimulai dari buku Recode Your Change DNA, Mutasi DNA Powerhouse, Myelin, dan Cracking Zone. Rhenald Kasali adalah pakar manajemen pertama yang melihat bahwa emosi-emosi positif serta kepemimpinan tidak bisa dijalankan sebelum berhasil menemukan tambatan-tambatan biologis.

Bukan hanya melakukan perubahan dalam wujud menerbitkan buku, tapi Rhenald dan istri juga memberikan bukti nyata perubahan sosial dengan mendirikan Yayasan Rumah Perubahan yang letaknya tidak jauh dari kediaman mereka di Jati Asih-Bekasi. Rumah Perubahan dikelola secara mandiri dan efisien. Untuk membiayai perubahan yang dilakukannya, Rumah Perubahan memberikan jasa pelatihan dan konsultasi manajemen perubahan.

Selain itu Rumah Perubahan juga mengelola dana-dana sponsor CSR untuk perubahan. Tercatat Bank Mandiri, Bank Jabar Banten, Bank BNI, Yamaha, Astra International, Gramedia, ISS, dan sejumlah perusahaan lainnya mempercayai sebagian program CSR-nya pada Rumah Perubahan. Untuk kemudahan komunikasi, Rumah Perubahan juga memperoleh jaringan satelit yang dibantu oleh program CSR dari Primacom.

Rumah Perubahan juga memberikan pelatihan seputar perubahan, mulai dari Change Mangement, Changepreneuring, Pembentukan Change Agents, Management Therapy, Leadership Therapy, Corporate Culture Therapy, Entrepreneursip, Ethics for Entrepreneur, Service Excellence, Sales Therapy, Team Motivation & Spirit, dan pelatihan serupa yang didesain secara khusus untuk setiap kepentingan.

 

Share This